Rabu, 04 Maret 2009

Entrepreneurship :Ciri-ciri Entrepreneur

Dalam wacana tekstual ciri - ciri seorang entrepreneur (entrepreneurship) atau seorang wirausahawan bisa dikategorikan ke dalam dua golongan. Pertama, wirausahawan andal (administrative entrepreneur) dan wirausahawan unggul (innovative entrepreneur).

Wirausahawan unggul memiliki ciri dan kemampuan lebih daripada ciri dan kemampuan wirausahawan anda. Dalam makalahnya, Hj. Itje Hermawan, mengemukakan ciri-ciri dan kemampuan seorang wirausaha andal (administrative entrepreneur) sebagai berikut:

a. Memiliki rasa percaya diri dan sikap mandiri yang tinggi untuk berusaha mencari penghasilan dan keuntungan melalui perusahaan.

b. Mau dan mampu mencari dan menangkap peluang usaha yang menguntungkan serta melakukan apa saja yang perlu untuk memanfaatkannya.

c. Mau dan mampu bekerja keras dan tekun dalam menghasilkan barang dan jasa serta mencoba cara kerja yang lebih tepat dan efisien.

d. Mau dan mampu berkomunikasi, tawar-menawar dan memusyawarahkan dengan berbagai pihak yang besar pengaruhnya pada kemajuan usaha terutama para pembeli/ langganan (memiliki salesmanship).

e. Menghadapi hidup dan menangani usaha dengan terencana, jujur, hemat dan disiplin.

f. Mencintai kegiatan usahanya dan perusahaannyasertalugas dan tangguh tapi cukup luwes dalam melindunginya.

g. Mau dan mampu meningkatkan kapasitas diri sendiri dan kapasitas perusahaan dengan memanfaatkan dan memotivasi orang lain (leadership, managerialship) serta melakukan perluasan dan pengembangan usaha dengan resiko yang moderat.

h. Berusaha mengenal dan mengendalikan lingkungan, serta menggalang kerjasama yang saling menguntungkan dengan berbagai pihak yang berkepentingan terhadap perusahaan.

Sedangkan ciri-ciri dan kemampuan seorang wirausaha unggul (innovative entrepreneur) mencakup ciri dan kemampuan wirausaha andal di atas, ditambah ciri dan kemampuan berikut:

* Berpikir dan bertindak strategi, adaptif terhadap perubahan dalam berusaha mencari peluang keuntungan tenllasuk yang mengandung resiko agak besar dan dalam mengalami masalah.

* Selalu berusaha untuk mendapatkan keuntungan melalui berbagai keunggulan dalam memuaskan langganan.

* Berusaha mengenal dan mengendalikan kekuatan dan kelemahan perusahaan (dan pengusahanya) Berta meningkatkan kemanpuan dengan sistem pengendalian intern.

* Selalu berusaha meningkatkan kemampuan dan ketangguhan perusahaan terutama dengan pembinaan motivasi dan semangat kerja serta pemupukan permodalan.

Demikianlah ciri dan kemampuan dua jenis (tingkat) seorang wirausaha. Dari seluruh ciri yang dikemukakan di atas, maka kita bisa melihat bahwa faktor atau variabel utama dari ciri dan kemampuan seorang wirausahawan adalah pada aspek mentalitasnya. Mentalitas wirausahawaan yang diwujudkan dalam bentuk kekuatan motivasi (kemauan), ketangguhan sikap mental (keberanian mengambil keputusan dan resikonya) maupun keuletan mental dalam menjalani keputusannya.

Adapun masalah modal (berupa materi atau uang), bukanlah faktor utama dan mendasar bagi seorang wirausahawan. Faktor tersebut akan berjalan seiring dengan tumbuhnya sikap mental yang andal dan tangguh. Tanpa mentalitas yang andal, modal material akan terhambur sia-sia, sedangkan kemauan yang kuat akan menumbuhkan kemampuan.
Semoga bermanfaat.
baca juga kerja keras adalah energi kita
Sumber : Majalah "Swadaya", No. 09/Th.I/Mei 2003-Rabiul Awal 1424 H

1 komentar:

  1. makasih infonya ni,mudah2an saya juga jadi entrepreneur nanti.

    BalasHapus