Selasa, 24 Maret 2009

Tips Menjaga Kesehatan Otak Manusia

Tahukah kamu Otak manusia terdiri lebih dari 100 miliar syaraf yang masing-masing terkait dengan 10 ribu syaraf lain. Bayangkan, dengan kerumitan otak seperti itu, maka Anda wajib menyayangi otak Anda cukup dengan menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk yang sering disepelekan.

Otak adalah organ tubuh vital yang merupakan pusat pengendali sistem syaraf pusat. Otak mengatur dan mengkordinir sebagian besar gerakan, perilaku dan fungsi tubuh homeostasis seperti detak jantung, tekanan darah, keseimbangan cairan tubuh dan suhu tubuh.

Otak juga bertanggung jawab atas fungsi seperti pengenalan, emosi. ingatan, pembelajaran motorik dan segala bentuk pembelajaran lainnya.Sungguh suatu tugas yang sangat rumit dan banyak. Maka, hindarilah kebiasaan buruk di bawah jika Anda masih ingin otak Anda bekerja dengan baik.

1. Tidak mau sarapan
Banyak orang menyepelekan sarapan, padahal tidak mengkonsumsi makanan di pagi hari menyebabkan turunnya kadar gula dalam darah. Hal ini berakibat pada kurangnya masukan nutrisi pada otak yang akhirnya berakhir pada kemunduran otak.

2. Kebanyakan makan
Terlalu banyak makan mengeraskan pembuluh otak yang biasanya menuntun kita pada menurunnya kekuatan mental.

3. MEROKOK
Merokok ternyata berakibat sangat mengerikan pada otak kita. Bayangkan, otak kita bisa menyusut dan akhirnya kehilangan fungsi-fungsinya. Tak ayal diwaktu tua kita rawan Alzheimer.

4. Terlalu banyak mengkonsumsi gula
Terlalu banyak asupan gula akan menghalangi penyerapan protein dan gizi sehingga tubuh kekurangan nutrisi dan perkembangan otak terganggu.

5. Polusi udara
Otak adalah bagian tubuh yang paling banyak menyerap udara. Terlalu lama berada di lingkungan dengan udara berpolusi membuat kerja otak tidak efisien.

6. Kurang tidur.
Tidur memberikan kesempatan otak untuk beristirahat. Sering melalaikan tidur membuat sel-sel otak justru mati kelelahan.

7. Menutup kepala ketika sedang tidur
Tidur dengan kepala yang ditutupi merupakan kebiasaan buruk yang sangat berbahaya karena karbondioksida yang diproduksi selama tidur terkonsentrasi sehingga otak tercemar. Jangan heran kalau lama kelamaan otak menjadi rusak.

8. Berpikir terlalu keras ketika sedang sakit
Bekerja keras atau belajar ketika kondisi tubuh sedang tidak fit juga memperparah ketidakefektifan otak.

9. Kurangnya stimulasi otak
Berpikir adalah cara terbaik untuk melatih kerja otak. Kurang berpikir justru membuat otak menyusut dan akhirnya tidak berfungsi maksimal.

10. Jarang bicara
Percakapan intelektual biasanya membawa efek bagus pada kerja otak


So, mari jaga otak kita sebaik mungkin,walaupun ada juga yg punya otak tapi ndak bisa menggunakannya dengan baik. Mudah kan caranya ya......
Ada cerita ni ttg harga otak bukan otak - otak lho.
Tahu ndak beda otak orang indonesia,jerman sama jepang ?
Otak orang Jepang dihargai $ 1 juta
Otak Orang Jerman dihargai $ 3 juta
Otak Orang Indonesia dihargai $ 5 juta
Tahu ndak knapa ? karna otak orang indonesia masih orisinil alias jarnag dipakai jadi mahal harganya he....he......
Mudah-mudahan manfaat.


baca juga kerja keras adalah energi kita
Stay Cool in http://newmasgun.blogspot.com/



13 komentar:

  1. sumpah baru tau gwa, kesehatan otak pun bisa di jaga seperti ini...
    thanks infonya..

    BalasHapus
  2. wah, pantes neh otak kalo dah capek kayak ngeberatin mata...siplah...okey, bro..tukeran link yukkk..... langsung aja nulis sendiri di blog akku...salam....

    BalasHapus
  3. itu kontes SEO, bro..jadi yg kamu lakukan cuma buat artikel yg berhubungan dengan keyword Kampanye Damai Pemilu Indonesia 2009. Nah, untuk itu diperlukan trik2 agar tulisan kamu nanti berada di posisi paling atas setelah kamu searching ke google.co.id. Aku sih ikutan cuma sekedar iseng aja, kok...buat ngeramein aja. Okay,...tetap semangat, bro...

    BalasHapus
  4. Info mantab bro..
    Wah Mending bisnis jualan otak orang indonesia nih ..hohoho..:)



    http://de-kill.blogspot.com/

    BalasHapus
  5. makasih infonya mas :) otak akan segera kembali fresh :D

    BalasHapus
  6. aq jd sadar klo dr dl g pernah sarapan...

    BalasHapus
  7. Otak orang Indonesia ngk pernah terpakai itu salah, terbukti hampir 99,99999999% otak orang Indonesia terpakai buat mikir yang kotor-kotor, bener ngk...., jadi mahalnya otak orang Indonesia pikirannya kotor alias ngeressss...

    BalasHapus
  8. SPESIALIS PENYELAMATAN DATA-DATA PENTING YG HILANG DARI PC,LAPTOP,SERVER,FLASH DISK,MEMORY CARD&SEMUA MEDIA STORAGE (IDE,SATA,SCSI,RAID,USB,TAPE,DLL) OS:DOS,WIN9x,ME,NT,2K,XP,VISTA,2003/2008,NOVELL, LINUX,MACINTOSH/APPLE,SOLARIS INTEL&SPARC,SCO OPEN SERVER,DLL.KASUS TIDAK TERDETEK,BAD DISK/ PARTITION,TERHAPUS/FORMAT/FDISK,READ FAILURE,MAXTOR FAILURE: ATHENA,ARES,C64K,N40P,RUMULUS,CALYPSO; PRIMARY/SECONDARY MASTER FAILURE, VIRUS,DLL. PELOPOR/PENGALAMAN di JKT (1996) OLEH TEAM AHLI&TOOLS YG HANDAL.HUB.EVERESTA MEDIA Ph.021- 30954251 ; 78887427; 081388324538 ; 081514150256 HARI LIBUR BUKA

    BalasHapus
  9. menurut saya, otak manusia itu tidak ada batasannya!

    BalasHapus
  10. wah, bermanffat sekali... makasih ya tipsnya...

    BalasHapus
  11. Terima kasih atas infonya..

    BalasHapus
  12. ... tips yang menarik .. thanks

    BalasHapus
  13. Blog yg bagus.

    Kalau sempat, berkunjunglah ke web saya yang baru dibuat, di: http://agungfarma.com/

    Kalau bisa kita tukaran link juga.
    Terimakasih ya..

    BalasHapus