Rabu, 02 Desember 2009

Hidup sehat : Makanan pembangkit Mood





Sahabat, ternyata perasaan stress atau kurang bersemangat dalam menjalankan aktivitas bisa saja karena kita salah mengkonsumsi makanan sehingga menyebabkan mood kita kurang bagus.

Menurut beberapa hasil penelitian, asupan makanan diyakini dapat mempengaruhi mood seseorang. Kadang kala, jika anda salah mengkonsumsi makanan, maka mood anda menjadi tidak karuan atau rasa cemas yang berlebihan.

Ada beberapa makanan yang dapat membantu memperbaiki mood kita, diantaranya :

1. Makanlah kacang-kacangan, seperti kacang hijau, kedelai, dan almond.
Jenis makanan ini mengandung sejumlah boron yang mampu menghantarkan sinyal dari satu ujung syaraf ke ujung syaraf lainnya di dalam otak, sehingga tubuh akan terasa tenang.

2. Minum secangkir teh chamomile.
Chamomile dapat membuat otot terasa relaks, sehingga tingkat stres dan ketegangan juga ikut turun.Menurunnya tekanan akan menurunkan risiko terkena serangan jantung. Chamomile juga membantu detoksifikasi tubuh dengan memperlancar fungsi ginjal.

3. Kurangi asupan kopi.
Dalam kondisi stres gangguan lambung seringkali terjadi. Hal ini mengindikasikan bahwa saluran cerna perlu perhatian lebih saat tubuh mengalami gangguan emosional.

4. Konsumsi hidangan laut yang kaya protein juga pilihan baik untuk melawan stres.
Makanan sumber mineral seng ini meningkatkan kemampuan otak menyimpan memori sehingga dapat meningkatkan daya ingat serta membuat otak lebih mudah berkonsentrasi.

5. Tekan tingkat stress dengan mengonsumsi banyak jenis makanan seperti seledri, wortel dan apel.
Kandungan kalori makanan tersebut tergolong rendah, sehingga bobot tubuh juga bisa dipertahankan. Selain itu, bermanfaat juga bagi kesehatan gigi dan gusi.

6. Saat mengalami stres berat, tubuh amat membutuhkan asupan protein. Perbanyak konsumsi makanan yang kaya protein, seperti selai kacang.
Ambil satu sendok teh penuh selai kacang, dan oleskan pada potongan apel atau batang seledri sebelum Anda berangkat ke gym. Protein nabati maupun hewani memberikan efek menenangkan pada otak. Protein membantu otak untuk bekerja cepat dalam menerima pesan.

7. Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat, seperti roti gandum dan nasi beras merah, karena karbohidrat merupakan penyedia energi yang baik untuk tubuh dan otak. Perasaan cepat lelah dan mudah marah bisa juga muncul karena kekurangan karbohidrat dalam tubuh.

8. Perbanyak makanan berserat, seperti sayur-sayuran dan buah-buahan.
Selain memperlancar BAB, makanan berserat bisa memperbaiki mood dan membantu mempertahankan kadar gula dalam darah agar tetap stabil. Tubuhpun mendapat cukup energi
sepanjang hari. (webmd.com/mega/B)

Mudah-mudahan manfaat, biar kita tambah semangat.

Sumber : Pos Kota online (poskota.co.id)
Stay cool in
http://newmasgun.blogspot.com

1 komentar:

  1. bagus gan infonya biar tambah rajin tambah semangat, thank you ya

    salam blogger
    Belajar SEO

    BalasHapus