Senin, 08 November 2010

Leadership : Kekuatan Pengaruh Pemimpin


Setiap orang adalah pemimpin dan inti dari kepemimpinan selain dari komunikasi dan pengakuan adalah pengaruh, seberapa berpengaruhnya seseorang untuk mendapat pengikut. Komunikasi yang efektif akan menuntun pada pengakuan dan pada gilirannya nanti akan sampai pada pengaruh. Para ahli sosiologi mengatakan bahwa orang yang paling tertutup sekalipun akan bisa mempengaruhi sepuluh ribu orang lainnya dalam masa hidupnya walaupun pada kenyataannya kita tidak pernah tahu siapa saja dan seberapa banyak orang – orang yang telah bisa kita pengaruhi. Hal terpenting yang harus kita ingat adalah bukan hanya apakah kita bisa mempengaruhi seseorang atau tidak tetapi pengaruh macam apa yang telah kita lakukan terhadap orang tersebut.

Kepemimpinan dan pengaruh merupakan potensi yang dapat dikembangkan melalui berbagai proses. Tingkat kepemimpinan yang awal sekali adalah kedudukan yang sering diperoleh karena pengangkatan dan pada tingkat ini memiliki berbagai kewenangan yang sering menimbulkan rasa aman bagi pemiliknya padahal selain kewenangan hal yang harus di ciptakannya adalah bagaimana menjadi pemimpin yang diikuti orang lain dengan senang hati dan penuh keyakinan. Pemimpin dalam tingkat ini sering kesulitan bekerja dengan sukarelawan, pekerja professional yang terbiasa ikut dalam proses pembuatan keputusan dan para pemuda. Hal ini akan terlihat saat kita sudah tidak memiliki kedudukan tersebut karena ternyata hanya sedikit saja orang yang benar – benar mengikuti kita. Setiap pemimpin dalam tingkat ini untuk mecapai sukses harus mengetahui deskripsi kerja,sejarah organisasi,memiliki tanggung jawab,keunggulan dalam pengetahuan dan gagasan kreatif serta lakukan pekerjaan lebih dari yang diharapkan.

Tingkat selanjutnya setelah kedudukan adalah tingkat izin, yang lebih menekankan pada menjaga hubungan yang baik dengan seluruh komponen yang berorientasikan pengembangan individu – individu yang terlibat. Pada tingkat ini dibutuhkan kebijaksanaan, interaksi yang baik dan cinta yang tulus yang melebihi dari prosedur yang ada sehinggga pada akhirnya akan membuat sukses juga orang yang mengikuti kita. Sukses pada tingkat izin merupakan fondasi yang akan mempermudah dalam tingkat produksi yang berorientasi pada hasil dari semua kegiatan yang dilakukannya.

Selanjutnya tingkat Pengembangan manusia merupakan aset dan prioritas yang harus dikembangkan oleh seorang pemimpin yang dilakukan melalui teladan, pembelajaran, kemampuan untuk menarik pemenang/penghasil lain ketujuan bersama, kaderisasi sehingga akhirnya akan mengembangkan dan meningkatkan kemampuan dari para anggota untuk mencapai tujuan. Pengikut akan memiliki loyalitas karena pemimpin bisa merebut hatinya dengan membantu mereka tumbuh secara pribadi.

Tingkat ini akan berkembang menjadi kemampuan menguasai pribadi yang akan membuahkan hasil loyalitas dan kemauan berkorban dari pengikut karena selama bertahun – tahun kita sudah membimbing dan mencetak mereka sebagai para pemimpin baru. Sehingga kebahagiaan terbesar kita adalah ketika kita sukses membuat orang lain tumbuh dan berkembang menjadi sukses juga. Hal yang paling penting sekarang adalah untuk menghetahui berada diposisi mana kita pada saat ini dan lakukan hal – hal yang bisa membuat kita mejadi pemimpin yang sukses ditiap tingkat.

Stay Cool in http://newmasgun.blogspot.com

Baca Juga :
- Leadership : menciptakan Perubahan positif
- Leadership : Nilai Integritas Dalam Kepemimpinan
- Skala prioritas dalam kepemimpinan
- Hukum Kerjsama Tim Yang Efektif
- Leadership : Kekuatan Pengaruh Pemimpin
- Leadership: Kerjasama Tim
- Leadership: Pengantar komunikasi

- Manajemen Konflik dan kerjasama Tim
- Leadership : Pemecahan Masalah


Tidak ada komentar:

Posting Komentar