Selasa, 09 November 2010

Leadership: Nilai Integritas Kepemimpinan


Integritas merupakan suatu kesatuan yang sesuai antara kata – kata dan perbuatan. Sesorang yang mempunyai integritas tidak akan membagi loyalitas atau melakukan sesuatu hanya sekedar pura- pura. Mereka merupakan pribadi yang utuh yang menerapkan sistem norma dalam aspek kehidupannya, tidak mempunyai sesuatu yang disembunyikan dan ditakuti Sehingga kurangnya kredibilitas sesorang bisa dilihat dari tingkat integritasnya didalam sebuah organisasi atau lembaga.

Integritas bukanlah apa yang kita lakukan melainkan lebih banyak menunjukan siapa diri kita dan siapa diri kita pada gilirannya menetapkan apa yang kita lakukan. Sistem norma kita merupakan sebagian besar dari diri kita yang tidak bisa dipisahkan dengan diri kita dan bisa menjadi navigasi yang akan membimbing kita dalam menetapkan prioritas hidup dan menentukan mana yang akan kita pilih dan tolak.

Integritas mengikat diri kita bersama dan membangkitkan jiwa kepuasan didalam diri sehinga tidak akan membiarkan bibir mengkhianati hati kita.Konsistensi dan keyakinan diri akan dicerminkan oleh tindak tanduk kita. Integritas memungkinkan kita untuk menjadi diri sendiri sebagai pribadi yang utuh tanpa peduli bagaimana keadaannya, orang yang terlibat atau tempat pengujian kita.

Kunci utama menuju kebesaran adalah berada dalam realitas tentang apa diri kita sebagaimana yang tampak sehingga akhirnya bisa memperoleh kepercayaan sebagai seorang pemimpin yang autentik. Semakin banyak pengikut melihat dan mendengar pemimpinnya konsisten dalam tindakan dan perkataan maka akan semakin besar juga konsistensi dan loyalitas mereka. Yang diperlukan orang bukanlah motto untuk dikatakan, melainkan teladadan untuk dilihat.

Semakin bisa dipercaya diri anda maka akan semakin besar pula kepercayaan orang lain yang ditempatkan pada diri anda, dengan demikian memungkinkan diri kita memiliki hak istimewa mempengaruhi kehidupan mereka sehingga rahasia untuk bangkit dan tidak jatuh adalah integritas.

Beberapa hal yang menyebabkan integritas begitu penting :
1. Integritas membina kepercayaan
2. Integritas punya nilai pengaruh tinggi
3. Integritas memudahkan standar tinggi
4. Integritas menghasilkan reputasi yang kuat,bukan hanya citra
5. Integritas berarti menghayatinya sendiri sebelum memimpin orang lain
6. Integritas membantu seorang pemimpin dipercaya,bukan hanya pintar
7. Integritas adalah prestasi yang dicapai dengan susah payah


Stay Cool in http://newmasgun.blogspot.com
baca juga :
- Leadership : menciptakan Perubahan positif
- Leadership : Nilai Integritas Dalam Kepemimpinan
- Skala prioritas dalam kepemimpinan
- Hukum Kerjsama Tim Yang Efektif
- Leadership : Kekuatan Pengaruh Pemimpin
- Leadership: Kerjasama Tim
- Leadership: Pengantar komunikasi

- Manajemen Konflik dan kerjasama Tim
- Leadership : Pemecahan Masalah


Tidak ada komentar:

Posting Komentar