Jumat, 05 November 2010

Leadership : Pengantar Komunikasi


Komunikasi adalah interaksi antara dua orang atau lebih untuk saling bertukar informasi. Komunikasi terbagi menjadi dua, yaitu komunikasi lisan dan komunikasi tertulis.

1. Komunikasi Lisan
Komunikasi Lisan sudah sangat akrab dengan kehidupan sehari-hari kita. Namun terkadang dalam penyampaian atau penerimaan informasi melalui komunikasi lisan ini masih sering terdapat kesalahan-kesalahan (miss comunication). Oleh karena itu dibutuhkan informasi seakurat mungkin agar dapatmenyampaikan maksud dengan jelas sekaligus dapat menangkap apa yang dimaksudkan orang lain.

Berdasarkan lawan bicara, komunikasi lisan dapat di bagi menjadi:
- Komunikasi personal (one on one)
- Presentasi
- Diskusi grup (Group Discussion)

2. Komunikasi Tertulis

Apa yang akan terjadi bila seseorang menyampaikan pada anda 20 instruksi sekaligus ? Besar kemungkinan akan terjadi salah paham atau ada yang terlupa. Fungsi dari komunikasi tertulis ini adalah untuk meminimalkan peluang terjadinya salah paham.
Tujuan dari komunikasi tertulis sama seperti komunikasi secara lisan, yakni menyampaikan suatu maksud (informasi) pada pihak lain.

Berikut adalah sejumlah tips untuk melakukan komunikasi yang baik :
- Sampaikan dengan Padat dan Jelas
Salah satu kebiasaan mahasiswa adalah memperpanjang tulisan dengan tujuan mempertebal makalah agar mendapatkan nilai bagus. Dalam dunia nyata, klien atau rekan kerja tidak mempunyai waktu untuk membaca tulisan yang bertele-tele. Yang dibutuhkan adalah penyampaian secara padat dan jelas.

- Hilangkan ketidaksukaan
Bisa saja Anda tidak menyukai atau malas mengerjakan suatu tugas. Tapi ketika hal itu sudah dibebankan kepada anda, maka anda harus bertanggung jawab untuk menanganinya. Belajarlah untuk bersikap profesional.

- Gunakan Bentuk Poin dan Penekanan

Menyampaikan informasi dalam bentuk poin, sangat membantu pembaca untuk menangkap inti informasi. Bila ada informasi yang perlu ditekankan, beri gaya berbeda. Misal hurufnya ditebalkan, digarisbawahi dan sebagainya.

- Jadilah editor yang Mandiri
Periksa kembali tulisan anda agar tidak terdapat kesalahan penulisan sehingga mengakibatkan salah pengertian dalam tulisan anda.

- Familiar dengan Teknologi
Pada masa sekarang, mesin tik dan tulisan tangan digunakan secara terbatas saja. Penyampaian informasi pun dapat dilakukan lewat surat elektronik (E-mail). Umumnya orang-orang menggunakan alat bantu teknologi yang sudah semakin canggih. Anda sewajarnya sudah familiar dengan hal-hal seperti Microsoft Office dan E-mail. Oleh karena itu anda harus dapat mengoptimalkan kegunaan funsi-fungsi yang ada pada teknologi tersebut.

Sumber: Sukses dengan Soft Skills
Stay cool in http://newmasgun.blogspot.com

Baca juga :
- Leadership : menciptakan Perubahan positif
- Leadership : Nilai Integritas Dalam Kepemimpinan
- Skala prioritas dalam kepemimpinan
- Hukum Kerjsama Tim Yang Efektif
- Leadership : Kekuatan Pengaruh Pemimpin
- Leadership: Kerjasama Tim
- Leadership: Pengantar komunikasi

- Manajemen Konflik dan kerjasama Tim
- Leadership : Pemecahan Masalah


1 komentar:

  1. Mas yang punya Blog maaf saya ngopy artikel anda ya... berbagi ilmu kan boleh...

    BalasHapus