Rabu, 23 Oktober 2013

Faktor Penyebab Timbulnya ketombe di Rambut

Sahabat, salah satu masalah rambut yang menyebalkan dan mengganggu adalah ketombe. Timbulnya ketombe selain menimbulkan rasa gatal juga bisa merusak penampilan. Sebenarnya apa itu ketombe? Dan mengapa kulit kepala bisa timbul?

Seperti dilansir dari Times of India, ketombe juga dikenal dengan sebutan Seborrhea. Ketombe adalah infeksi jamur superfisial, dimana jamur bernama Pityrosporum ovale tinggal di daerah kulit kepala yang berminyak. Infeksi jamur ini ditandai dengan kelebihan produksi sel kulit mati pada kulit kepala. Sehingga kulit kepala mati yang mengelupas bertumpuk dan menjadi ketombe.
Selain itu jamur di kulit kepala ini menyebabkan rasa gatal, kulit kepala bersisik dan juga menimbulkan bercak merah pada kulit kepala. Sebenarnya penyebab umum timbulnya masalah ketombe antara lain buruknya tingkat kebersihan, ketidakseimbangan hormon, diet yang salah sehingga berujung pada ketidakseimbangan hormon, sirkulasi darah di kulit kepala yang tidak lancar.

Pengeringan rambut dengan menggunakan hair dryer dan produk perawatan rambut yang salah juga dapat menyebabkan timbulnya ketombe. Kondisi kulit kepala yang berketombe ini bisa menjadi lebih parah saat stress, musim dingin dan jarang keramas. Ketombe juga dapat menular loh. Pemakaian sisir bergantian dengan orang yang memiliki ketombe dapat menyebarkan jamur ketombe ke kulit kepala.

Untuk menghilangkan ketombe, menjaga kebersihan dan kesehatan kulit kepala sangatlah penting. Hindari pemakaian produk perawatan rambut berlebih yang dapat memicu produksi minyak di kulit kepala. Rajinlah mencuci rambut dengan produk perawatan rambut yan aman. Hindari mengikat rambut saat masih basah karena dapat membuat rambut serta kulit kepala lembab dan menjadi tempat nyaman jamur berkembang.

Sumber : Dreamers radio
Stay cool in http://newmasgun.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar