Senin, 04 November 2013

Cara Sederhana Mengatasi Susah Tidur

Tidak bisa tidur padahal tubuh sudah kelelahan adalah hal yang menyebalkan. Ternyata, penyebabnya bisa jadi ada pada aksesori di kamar Anda.

Menurut National Sleep Foundation, angka digital pada jam weker yang memiliki fitur menyala saat lampu kamar dimatikan bisa jadi adalah "biang kerok" timbulnya insomnia.

Efek terang dari weker bisa menyulitkan Anda ketika berusaha untuk tidur, apalagi dalam kondisi ruangan yang gelap. Cobalah tutupi angka-angka yang menyilaukan tersebut dengan buku atau lembaran kain. Hal yang sama juga bisa terjadi pada ponsel dan peranti elektronik lainnya yang memiliki lampu LED sebagai indikator sinyalnya berkedip-kedip.
Beberapa orang yang kesulitan tidur kerap memaksakan diri untuk terlelap. Sehingga, tak sedikit akhirnya yang merasa frustrasi dan akhirnya menelan obat tidur demi memperoleh istirahat. Cara ini tentu saja salah. Masih menurut studi yang dilakukan oleh National Sleep Foundation, bila sampai satu jam tak bisa juga tertidur, disarankan untuk melakukan aktivitas yang membosankan.

Misalnya, membaca buku teori yang membuat Anda jenuh, menonton acara TV yang menjemukan, atau bisa juga dengan menonton program dalam bahasa asing yang tidak Anda mengerti. Sebab, aktivitas yang membutuhkan kemampuan otak yang marjinal ditengarai mampu meredakan pikiran.

Coba terapkan malam ini, mungkin saja berangkat dari langkah yang sederhana, insomnia Anda bisa teratasi. Selamat mencoba!

Sumber : Kompas Online
Stay cool in http://newmasgun.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar