Kamis, 07 November 2013

Jenis Makanan Yang Sehat Untuk Kulit

Kulit Anda merupakan suatu organ pada tubuh yang penting selain untuk kecantikan, kulit penting untuk melindungi tubuh kita dari beberapa faktor lingkungan seperti virus, bakteri, beberapa bahan kimia, dan perubahan temperatur. Kulit juga mengandung pigmen melanin yang melindungi kulit terhadap sinar ultraviolet dari matahari.Untuk menjaga kesehatan kulit dibutuhkan upaya yang cukup berat. Nah, untuk melindungi kulit dan mempertahankan kesegaran kulit Anda ada beberapa jenis makanan yang dapat menjadi sumber nutrisi untuk kulit untuk kemudahan Anda menjaga kesehatan kulit.
1. Sayur dan Buah-buahan
Sayur dan buah-buahan merupakan grup makanan yang penting untuk kesehatan kulit Anda.
  • Bayam, merupakan sumber vitamin A yang  dapat membantu menghilangkan jerawat dan membantu pemulihan kulit.
  • Kentang, merupakan sumber dari vitamin C yang dapat berperan dalam produksi kolagen. Kolagen merupakan suatu protein dalam kulit yang dapat meminimalkan keriput pada kulit dan mempertahankan kekenyalan kulit anda.
  • Blackberry, blueberry dan strawberry merupakan buah-buahan yang megandung antioksidan, berguna untuk melindungi kulit dari kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas. Radikal bebas muncul akibat terpaparnya kulit oleh sinar ultraviolet dari matahari, dan untuk menangkal radikal bebas ini dibutuhkan antioxidan.

2. Produk susu
Yogurt dengan rendah lemak dan keju, memliki kandungan sama seperti bayam yaitu merupakan sumber vitamin A yang baik untuk kulit. Disamping itu, yogurt mengandung bacterium acidopholus yang membantu dalam proses pencernaan dan kesehatan dari saluran pencernaan yang dikaitkan dengan kesehatan kulit. Keju memiliki kadar selenium merupakan mineral yang dapat membuat kulit menjadi segar dan lembut.

3. Kacang
Dari banyak jenis kacang, hanya kacang Brazil yang sehat untuk kulit oleh karena produksi selenium oleh kacang jenis ini. Selenium selain dapat membuat kulit sehat, dapat juga memicu sintesis dari gluthathione. Sama seperti antioksidan yang terdapat dalam sayuran dan buah, gluthatione dapat menghilangkan sel kulit mati. Namun demikian, pastikan Anda tidak alergi terhadap kacang terlebih dahulu.

4. Ikan
Mengkonsumsi ikan setiap hari merupakan cara lain untuk menambah jumlah selenium ke dalam diet sehari-hari. Ikan segar mengandung selenium dan omega-3 yang peting dalam mencegah kulit keriput dan melembutkan kulit serta mengurangi peradangan kulit.

Sumber : dr. Dewi Ema Anindia (klikdokter.com)
Stay cool in http://newmasgun.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar