Kamis, 16 Januari 2014

7 Hal Penyebab Flu tambah Parah

Sahabat,  cuaca hujan dan panas yang tidak menentu merupakan salah satu pemicu menurunnya daya tahan tubuh sehingga rentan terkena flu. Ketika sudah terkena flu, ada beberapa kesalahan umum yang dapat membuat gejala flu makin parah atau menyulitkan untuk segera sembuh.
Inilah tujuh  hal yang membuat gejala flu makin parah, yaitu :

1. Pura-pura tidak sakit 
Anda tidak pernah mampu membiarkan gejala flu Anda, karena tubuh pasti akan mengalami penurunan kinerja. Sebaliknya, ketika terserang flu, maka Anda harus merawat tubuh Anda. Tubuh memerlukan energi ekstra untuk melawan infeksi. Ketika Anda memaksakan diri untuk tetap beraktivitas meski sedang terserang flu, khususnya ketika demam, Anda akan menyulitkan diri sendiri. Yang lebih parah, gejala flu akan semakin parah. Menurut Jennifer Shu, dokter dari Amerika Serikat, saat pekerjaan menumpuk dan mendekati deadline, banyak orang yang tidak menghiraukan flu dan tetap memaksakan masuk kerja. Padahal, cara itu justru akan memperparah sakit mereka dan memperlama proses penyembuhan.
2. Tidak cukup tidur
Tidur cukup merupakan kunci untuk sistem imun yang lebih sehat. Sebuah studi menemukan tidur kurang dari tujuh jam dapat meningkatkan risiko flu berkali-kali lipat. Jika gejala flu membuat Anda sulit tidur, maka tidurlah lebih awal atau di siang hari. Saat flu, bagaimanapun Anda butuh untuk menambah waktu istirahat.

3. Stres
Stres juga dapat memicu flu. Tingginya kadar hormon stres dalam tubuh akan memicu inflamasi yang mengganggu sistem imun untuk bekerja dengan normal. Hasilnya, Anda sakit lebih lama.
Tim peneliti dari Ohio State berspekulasi bahwa stres jangka panjang menyebabkan tubuh mengeluarkan hormon stres - terutama glukokortikoid dalam jangka panjang. Hormon-hormon ini mempengaruhi timus, tempat limfosit (salah satu sel imun) diproduksi, dan menghambat produksi sitokin dan interleukin yang merangsang dan mengkoordinasikan aktivitas sel darah putih.

4. Kurang minumSaat sakit, Anda perlu minum banyak air. Ini karena cairan akan membantu mengencerkan lendir yang membuatnya udah dikeluarkan. Air bisa berasal dari banyak jenis minuman seperti air putih, jus, teh panas, bahkan makanan berkuah seperti sup

5. Minum alkoholTerlalu banyak minum alkohol akan memicu dehidrasi dan memperburuk gejala flu seperti hidung tersumbat. Kegiatan itu juga memperburuk sistem imun dan berpotensi berinteraksi dengan obat-obatan yang diminum. Karena itu, alkohol sangat tidak disarankan untuk diminum saat flu.

6. Terlalu banyak gunakan semprotan dekongestan 
Dekongestan mungkin bekerja dengan baik saat awal-awal digunakan. Namun penggunaan yang sudah terlalu sering lebih dari tiga hari justru akan membuat gejalanya bertambah buruk saat tak lagi menggunakannya.

7. MerokokPerokok cenderung mengalami gejala flu yang lebih parah dibandingkan dengan mereka yang tidak. Mereka juga lebih mungkin mengalami periode flu yang lebih lama. Ini terjadi karena merokok merusak sel-sel di paru-paru sehingga membuat tubuh lebih sulit melawan virus flu. Maka saat terserang flu sebaiknya Anda tidak merokok dan menjauhi orang lain yang merokok.

Sumber : webmd.com
Stay cool in http://newmasgun.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar