Selasa, 07 Januari 2014

Cara Bangun Pagi dan Berolahraga

Bangun pagi mungkin terdengar tak menyenangkan pada beberapa orang. Terutama mereka yang sangat ingin menikmati hari libur dengan tidur setelah lelah bekerja sepanjang minggu. Bangun pagi menjadi sesuatu yang sulit, apalagi bila dilakukan di akhir pekan.

Padahal, bangun pagi memberi efek lebih baik pada tubuh dibanding bangun siang. Apalagi bila dilanjutkan olahraga. Olahraga pagi merupakan saat terbaik bagi tubuh untuk berkeringat. Olahraga akan meningkatkan metabolisme, tingkat energi, dan mood sepanjang hari.

Bila merasa kesulitan, berikut beberapa tips dari Esther Crain untuk memudahkan bangun pagi dan olahraga:

1. Terkena cahaya matahari.
Menurut National Sleep Foundation, ketika mata merasakan cahaya matahari, otak langsung memproses reaksi yang menyebabkan tubuh segera terjaga dan berenergi. Demi mendapatkan cahaya matahari, jangan ragu menghadapkan tempat tidur ke arah timur, arah matahari terbit. Jika sudah bangun dan masih mengantuk, sebaiknya coba berdiri dekat jendela atau pintu tempat cahaya matahari masuk. Bila perlu beri rangsang mata dengan lampu meja.
2. Aroma kopi.
Kopi umum diketahui dapat merangsang kerja otak. Namun riset terbaru pada hewan menemukan, aroma kopi ternyata sudah mampu melegakan stres akibat kurang tidur. Setelah itu tubuh langsung siap memasuki mode kerja. Bila memiliki mesin pembuat kopi, aturlah supaya bekerja sebelum alarm berbunyi. Tidak ada salahnya mencium aroma kopi sebelum olahraga atau memulai hari.

3. Persiapkan peralatan.
Sebelum tidur siapkan baju, charge semua gadget, dan pastikan seluruh perlengkapan dalam kondisi siap. Kesiapan ini membangkitkan semangat untuk segera memulai hari.

4. Sarapan.
Menikmati sarapan kesukaan sebelum memulai hari, bisa menjadi cara ampuh merangsang mood segera bangun dari tidur. Meski menjadi favorit, pastikan menu tersebut mengandung protein dan karbohidrat komplek untuk menjamin kecukupan energi.

5. Cukup tidur.
Cukup tidur ternyata memudahkan untuk segera bangun pagi keesokan harinya. Hal tersebut berarti seseorang harus tidur setidaknya 7-8 jam saat malam hari. Untuk memudahkan tidur pastikan semua gadget dalam keadaan mati. Bila perlu rendahkan suhu kamar 1 jam sebelum tidur.

6. Olahraga dengan teman.
Olahraga bersama teman lebih baik dibanding sendirian. Olahraga di akhir pekan maupun sehari-hari  menjadi menyenangkan bila dilakukan bersama teman.

Sumber : Kompas health
Stay cool in http://newmasgun.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar