Jumat, 31 Juli 2015

Perbuatan Penghancur dan Penghapus Amal Manusia

Sahabat, sebagai umat muslim kita wajib menjauhi tujuh perbuatan penghancur amal. Rosululah pernah memberitakan supaya umat muslim menjauhi perbuatan tersebut karena dapat merusak iman dan menghancurkan amal manusia. Umat muslim adalah umat yang telah dinaungi dan dirahmati oleh Allah, tetapi umat ini dapat menjadi sengsara jika mereka tidak mengindahkan untuk menjauhi perbuatan buruk yang telah ditetapkan oleh Allah.
Dalam hadist riwayat Bukhori, Rosulullah telah menjelaskan dan menyerukan kepada setiap muslim untuk menjauhi tujuh perbuatan yang dapat menghancurkan amal. 7 perbuatan dosa yang merusak amal diantaranya adalah:

1. Syirik atau menyekutukan Allah dengan yang lainnya
Larangan dosa ini tertuang dalam QS Al-Furqon ayat 23. Perbuatan ini dapat merusak amal dan dosanya tidak pernah diampuni oleh Allah. Ada dua macam syirik yaitu:
- Syirik besar
Syirik besar adalah membenarkan akan adanya sekutu Allah. Dosa ini merupakan dosa yang sangat besar dan tidak akan diampuni oleh Allah.

- Syirik kecil
Syirik kecil adalah mempercayai kekuatan selain dari Allah tetapi juga masih menyembah Allah. Contohnya adalah seorang muslim yang pergi ke dukun untuk meminta kekayaan.

2. Menggunakan sihir
Dalam hadits Nabi dijelaskan bahwa sihir merupakan perbuatan syirik karena di dalam sihir terdapat suatu kepercayaan selain kepada Allah.

3. Membunuh orang yang tidak berhak untuk dibunuh
Larangan ini terdapat dalam QS Al-Maidah ayat 32 yang menyebutkan bahwa seseorang tidak boleh membunuh sesamanya yang bukan termasuk orang yang berbuat kekacauan dan kerusakan di bumi dan orang yang bukan telah melakukan pembunuhan juga.

4. Memakan harta dari hasil riba
Rosulullah telah melaknat orang yang melakukan riba (HR. Muslim) karena perbuatan ini sangat merugikan orang lain.

5. Memakan harta yang menjadi hak anak yatim
Larangan perbuatan ini telah dicantumkan di dalam QS An-Nisa ayat 10. Anak yatim adalah anak yang tidak memiliki orang tua karena meninggal dunia, maka dari itu sebagai umat muslim kita harus mengasihi mereka bukan malah memakan harta hak mereka.

6. Kabur dari peperangan
Seseorang yang lari pada saat perang merupakan seorang yang pengecut karena dia tidak percaya dengan perlindungan Allah. Dalam QS Al-Anfal ayat 15-16 di sebutkan bahwa orang yang melarikan diri ketika berperang akan dimurkai Allah dan mendapat siksa api neraka.

7. Menuduh seorang wanita yang terjaga telah melakukan zina
Perbuatan ini merupakan fitnah yang sangat kejam. Dalam QS An-Nur ayat 4 telah dijelaskan bahwa orang yang melakukan perbuatan ini akan menerima siksaan neraka berupa delapan puluh kali cambukan.

Itulah ulasan 7 dosa penghancur amal berdasarkan hadist Nabi. Semoga Allah senantiasa menjaga kita dari ketujuh dosa tersebut.Sebagai orang yang beriman, kita harus mewaspadai 7 penghancur amal yang di sebarkan oleh syaitan. Syaitan selalu menggoda manusia untuk melakukan perbuatan yang di larang oleh Allah. Berikut beberapa cara yang dapat anda lakukan agar senantiasa terhindar dari perbuatan tersebut:

1. Mendirikan sholat lima waktu dengan khusu’
2. Melaksanakan sholat malam seperti sholat tahajjud
3. Membaca Al-Qur’an secara teratur
4. Memperbanyak amal baik
5. Mengkonsumsi makanan halal baik makanannya maupun cara memperolehnya
6. Bersyukur atas nikmat yang telah diberikan Allah
7. Menjaga lisan, perbuatan, dan senantiasa menjunjung kejujuran
8. Meningkatkan ketaqwaan kepada Allah
9. Istiqomah dalam beribadah

Demikian penjelasan tujuh perbuatan penghancur amal dan bagaimana cara mengantisipasinya, semoga kita termasuk orang-orang yang terlindung dari perbuatan tersebut. aamiin.

Mudah-mudahan bermanfaat.

Stay cool in http://newmasgun.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar