Rabu, 12 Agustus 2015

Fakta Menarik soal Keju Yang Jarang Diketahui

Sahabat, Clifton Fadiman, seorang penulis sekaligus tokoh Amerika Serikat pernah berkata, "Sebuah keju mungkin mengecewakan. Keju bisa saja membosankan, naif dan terlalu mewah. Namun, tetap saja itu adalah keju, lompatan susu menuju keabadian."

Ya, keju memang menjadi produk susu yang bisa dibilang paling tahan lama. Itu karena  proses fermentasi yang membuat keju menjadi awet dan membentuk karaktetistik tertentu mulai dari tekstur, konsistensi, rasa dan aroma yang khas.

Keju juga telah ada sejak berabad-abad lalu, membuatnya menjadi salah satu bahan pangan tertua di dunia. Jika Anda penggemar keju, ada beberapa fakta keju yang tentu tak boleh dilewatkan. Untuk itu, ketahui sembilan fakta menarik seputar keju seperti yang dilansir dari Times of India berikut ini:

1. Pada abad ke-16, saking dianggap berharganya, keju digunakan sebagai alat pembayaran layaknya uang.

2. Beberapa keju seperti Mature Cheddar disimpan selama satu tahun atau lebih sebelum siap dikonsumsi. Keju-keju tersebut biasanya disimpan di ruangan khusus dan bahkan di dalam gua.

3. Nama 'cheddar' diambil dari nama gua di Somerset bernama Cheddar Gorge. Gua ini digunakan sebagai tempat penyimpanan keju hingga siap dikonsumsi. Cheddar sendiri merupakan salah satu keju yang paling banyak diproduksi secara luas di dunia. Raja Henry II bahkan pernah mendeklarasikan cheddar sebagai keju terbaik di Inggris.

4. Keju Cornish Yarg tercipta dari resep yang ditemukan di sebuah buku yang berada di gudang rumah seorang petani bernama Gray. Itu lah mengapa keju itu lantas dinamakan 'yarg' yang merupakan bunyi kata 'gray' saat dibaca terbalik.

5. Sepotong keju cheddar seukuran kotak korek api kecil mengandung jumlah kalsium yang sama dengan hampir setengah liter susu.

6. Bukti arkeologi pertama tentang keju ditemukan terkubur di tanah pemakaman di Mesir. Menurut para ahli, temuan tersebut berasal dari tahun 2000 Sebelum Masehi.

7. Walaupun kebanyakan keju diproduksi dari susu sapi, domba atau kambing, namun keju juga bisa dan telah banyak diproduksi dari susu hewan lainnya. Sebuah peternakan di Bjurho, Swedia bahkan telah lama dikenal sebagai peternakan penghasil keju dari susu moose, hewan sejenis rusa.


Sumber : Viva life
Stay cool in http://newmasgun.blogspot.com/
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar